- Bayi

5 Trik Baju Bayi Ini Akan Meringankan Pekerjaan Bunda Mengasuh Bayi

Baju bayi bikin repot? Banyak orang tua baru yang sering merasa cemas, apakah mereka akan sanggup mengasuh si kecil kelak. Membayangkan kerepotan bangun di malam hari, cucian yang menumpuk, juga pekerjaan-pekerjaan rumah tangga lain, pasti cukup membuat kepala cenat-cenut.

Karena itu, tidak ada salahnya Bunda mencari trik bagaimana memilih baju bayi yang tepat, agar satu dua kerepotan Bunda bisa dikurangi.

Inilah lima hal tentang baju bayi yang dapat meringankan pekerjaan Bunda saat mengasuh si kecil nanti:

 

1. Pilih baju tidur dan bedong yang simpel

Sepintas, fungsi baju bayi sama saja: melindungi bayi dari udara dingin, membuat bayi nyaman, plus kadang jadi properti foto untuk update feed Instagram Bunda. Untuk itu, biasanya bedong, kaus kaki, dan celana panjang sering masuk daftar belanja perlengkapan bayi.

Sayangnya, tidak semua ibu baru pandai membungkus bayi dengan kain. Percayalah, melakukannya di malam hari, saat mata redup karena kantuk, bukan pilihan yang menyenangkan.

Jadi, cobalah pilih bedong instan saat bayi tidur di malam hari. Ide lainnya, gunakan saja sleeper gown. Modelnya mirip dengan bedong instan tetapi dilengkapi dengan lubang untuk tangan.

Sleeper gown memang belum umum di Indonesia tetapi Bunda bisa mendapatkannya di beberapa merchant yang menjual produk dari luar negeri.

 

2. Simpan baby bib di kantong high chair

Menyusui bayi, baik langsung dari payudara atau dari botol, sering kali sedikit berantakan. Namun begitu bayi sudah mulai duduk di high chair dan makan sendiri MPASI-nya, semuanya bisa menjadi sangat berantakan hanya dalam hitungan detik. Akibatnya, baju  yang baru saja ganti hanya berumur 30 menit.

Baby bib memang bisa menjadi jawaban. Namun bagaimana jika baby bib tersebut disimpan di kamar bayi dan Bunda sedang repot untuk mencarinya?

Solusinya, gantung sebuah kantong di belakang high chair si kecil untuk menyimpan baby bib bersih. Dijamin, Bunda tidak perlu mengganti baju bayi berulang kali.

 

3. Pilih bodysuit dengan kancing di bahu

Bayi selalu terlihat lucu dengan baju model bodysuit. Modelnya yang hanya one-piece tidak hanya mempercepat Bunda saat memakaikan baju bayi tetapi juga mengurangi jumlah cucian di mesin sehari-hari.

Sayangnya, melepas baju model ini dari tubuh bayi bukanlah hal yang mudah. Jadi, jika Bunda penggemar berat baju model ini, pilihlah model dengan kancing di bahu. Kancing di bahu akan memudahkan Bunda untuk melepas baju si kecil hanya dengan beberapa langkah.

 

4. Pilih baju bayi dengan bukaan dari ritsleting

Saat memilih baju bayi untuk dikenakan sehari-hari, pilihlah berdasarkan kepraktisan dan memudahkan Bunda mengganti baju.

Coba pertimbangkan memilih model baju bayi dengan bukaan ritsleting. Jika mungkin, pilih model terusan yang menutup hingga kaki agar Bunda tidak perlu ribet mencari dan memakaikan kaus kaki lagi.

 

5. Gunakan kantung dengan ritsleting untuk mencuci kaus kaki bayi

Melipat dan mengumpulkan pasangan kaus kaki dewasa sudah cukup sulit, apalagi kaus kaki bayi.

Gunakan kantong berlubang dengan bukaan ritsleting untuk mengatasi kerepotan Bunda. Masukkan semua kaus kaki bayi dalam kantong, dan masukkan ke dalam mesin cuci. Beres deh! Bunda tidak perlu khawatir jatuh atau malah repot mengumpulkan pasangan kaus kaki si kecil nanti.

Alternatif lainnya, Bunda bisa menggunakan mesh bag. Beberapa merchant yang menjual produk luar negeri kini sudah banyak menawarkan kantong model ini.

 

Bagaimana Bunda, cukup seru kan idenya? Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.