- Anak

5 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Sekolah menjadi tempat terbaik untuk mengembangkan diri anak, baik dari segi pendidikan, sosial, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Lalu bagaimana kalau anak tidak mau sekolah? Padahal dengan bersekolah, anak bisa tumbuh dengan baik dan berguna untuk dirinya sendiri, keluarga, dan masyarakat secara luas.

Namun, saat anak tidak mau sekolah maka semua hal baik tersebut bisa jadi terhambat karena mungkin banyak gambaran tidak menyenangkan yang dipikirkan anak tentang sekolah.

Sebagai orang tua, sudah sepantasnya kita mengusahakan segala cara membujuk anak yang mogok sekolah baik dari segi mental maupun hal lainnya. Menanamkan pengertian tentang pentingnya sekolah kepada anak memang bukan perkara mudah untuk dilakukan, khususnya jika anak Anda masih berusia sangat kecil.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencontek beberapa tips pintar yang akan kami berikan berikut ini.

 

1. Berikan Gambaran Menyenangkan Tentang Sekolah

Saat menghadapi anak tidak mau sekolah atau mengenalkan sekolah kepada anak, Anda harus berhasil membuat gambaran tentang sekolah yang sangat menyenangkan. Tanamkan pemikiran jika sekolah bukanlah tempat membosankan seperti hanya duduk diam dan mendengarkan guru mereka sepanjang waktu.

Anda bisa menceritakan jika dengan bersekolah, ia bisa bertemu banyak teman sebayanya dan bermain serta melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.

 

2. Berikan Alasan Kenapa Harus Bersekolah

 

 

Masih berhubungan dengan penjelasan pertama, sangat penting untuk anak dalam memhami tentang betapa pentingnya bersekolah untuk dirinya. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan alasan pentingnya bersekolah supaya saat ia dewasa dan pintar karena sekolah maka ia bisa membeli apa pun, mulai dari mainan hingga makanan yang ia inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa mengatakan jika anak bersekolah, anak bisa bertemu dengan banyak teman dan berkomunikasi dengan banyak orang lain.

 

3. Latih Anak Agar Mandiri

Terkadang, alasan anak malas bersekolah karena ia merupakan anak yang manja dan sudah terbiasa dipenuhi segala kebutuhannya oleh Anda sebagai orang tua. Sedangkan arti sekolah yang ia ketahui berarti berada jauh dari orang tua dan melakukan segala hal seorang diri.

Untuk itu, biasakan anak Anda untuk melakukan banyak kegiatan sederhana sendiri di rumah seperti memakai seragam sekolahnya, membereskan tempat tidurnya, menyiapkan buku untuk bersekolah, mengikat tali sepatunya, dan banyak kegiatan sederhana lain.

Melatih anak untuk mandiri sangat penting dilakukan sejak dini yang nantinya bermanfaat untuk kehidupan anak Anda. Dengan mandiri, anak bisa berhubungan dengan orang banyak lebih luas lagi sekaligus menerapkan disiplin yang sangat berguna untuk menghindari anak dari masalah tidak teraturnya jadwal kegiatan mereka.

 

4. Ajak Anak Bersosialisasi

 

 

Membangun komunikasi yang baik juga sangat penting agar anak lebih rajin bersekolah serta lebih berani untuk mengutarakan pendapatnya, sekaligus lebih berani untuk bertanya. Semua ini pada akhirnya akan membangun komunikasi anak dengan baik dan bisa digunakan saat ia bersekolah dan bertemu guru serta teman sebayanya.

Ia tidak lagi merasa malu atau tertutup bertemu dengan banyak orang sebab sudah terbiasa menjalin komunikasi dan bersosialisasi dengan baik di rumah.

 

5. Latih Anak untuk Melihat dan Mengikuti Petunjuk

Melatih anak dalam melihat dan mengikuti petunjuk yang Anda berikan juga akan membuat anak meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca, mendengarkan, dan juga meningkatkan ketelitian serta rasa waspada. Melatih anak untuk mengikuti petunjuk bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memperbaiki mainan anak yang rusak, membuat kue bersama, menanam pohon, dan berbagai kegiatan lainnya.

Dengan kebiasaan ini, anak tidak lagi merasa aneh jika saat di sekolah harus mendengarkan berbagai pengajaran dan perintah yang diberikan guru mereka.

 

Mau tidak mau, anak memang wajib bersekolah demi masa depannya. Jangan pernah menyerah untuk mengajak anak Anda bersemangat sekolah ya. Semoga informasi mengenai cara membujuk anak yang mogok sekolah di atas bisa Anda terapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.