- Dunia Ibu

5 Peluang Usaha Rumahan untuk Si Mama Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tak boleh punya penghasilan lho. Ada banyak peluang usaha rumahan yang bisa Anda lakukan. Meski seluruh waktu Anda dihabiskan di rumah untuk mengurus setiap anggota keluarga, sering kali Anda juga memiliki waktu senggang yang sangat mungkin Anda manfaatkan untuk kerja sampingan.

Usaha rumahan ibu rumah tangga akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. Tidak sekadar mengisi pundi-pundi uang tetapi juga meningkatkan produktivitas Anda sekaligus menyalurkan ide kreatif yang Anda miliki. Sesuatu hal yang awalnya hanya menjadi hobi, bisa Anda ubah menjadi sumber penghasilan tambahan yang sangat menyenangkan untuk Anda jalankan, seperti beberapa contoh berikut ini.

 

1. Membuka Katering

 

Untuk Anda yang hobi memasak, membuka katering menjadi usaha rumahan ibu rumah tangga yang cocok untuk dijalankan. Katering menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah sepi dari pelanggan karena banyak orang yang akan terus membutuhkan layanan ini seperti untuk arisan, acara keluarga, pertemuan bisnis, dan sebagainya.

Saat menjalani bisnis ini, jangan lupa untuk terus berinovasi dalam menghadirkan banyak menu baru sehingga usaha Anda bisa berjalan lancar dan berumur panjang serta ramai pelanggan.

 

2. Bisnis Tanaman

 

 

Anda memiliki halaman yang cukup luas di rumah? Kenapa tidak dimanfaatkan sebagai usaha rumahan ibu rumah tangga dengan menjual berbagai tanaman? Anda bisa menjual berbagai tanaman hidroponik seperti sayuran dan buah organik yang saat ini juga sedang menjadi tren.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah menyalurkan hobi berkebun Anda dengan merawat berbagai tanaman tersebut supaya bisa tumbuh dengan baik dan diminati banyak orang.

Baca juga: 4 Kerja Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga dengan Untung Besar

3. Membuat Kerajinan Tangan

 

 

Jika membuat kerajinan tangan adalah hobi Anda, Anda punya peluang usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa menghasilkan keuntungan dan sangat menyenangkan untuk dijalani.

Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mencari referensi kerajinan tangan yang ingin Anda buat, lengkap dengan tutorialnya. Sementara untuk memasarkan produk kerajinan tangan, Anda juga bisa memanfaatkan jaringan internet sehingga bisa dikenal lebih banyak orang.

Semakin tinggi kualitas kerajinan tangan yang Anda buat, semakin tinggi pula harga pasaran barang tersebut sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pembeli. Bukan tidak mungkin Anda juga akan menerima pesanan dalam jumlah besar.

 

4. Order Jahitan

 

 

Anda menjadi orang yang beruntung jika memiliki keahlian menjahit yang bisa dijadikan juga sebagai usaha rumahan ibu rumah tangga dengan prospek bagus.

Keahlian menjahit yang menjadi modal utama dan tidak dimiliki banyak orang ini juga akan membuka peluang Anda lebih besar dalam mencari penghasilan tambahan. Keuntungan yang bisa kamu peroleh juga tidak sedikit, sebab ongkos untuk menjahit sepotong kain tidaklah murah. Apalagi jika Anda mendapat pesanan khusus seperti baju pesta, kebaya, dan baju-baju sejenis lainnya.

 

5. Bisnis Kue Kering

 

 

Bisnis kue kering menjadi usaha rumahan ibu rumah tangga yang juga cocok untuk para wanita dengan hobi memasak. Ada banyak jenis kue kering yang sangat mudah dibuat dan bisa Anda pasarkan, seperti kue putri salju, nastar, kue kacang, dan termasuk berbagai jenis kue kecil yang disukai anak-anak.

Pemasaran bisa dilakukan lewat media sosial atau dititipkan ke warung, supermarket, dan juga sekolah dekat tempat tinggal Anda.

Baca juga: 6 Cara Membagi Waktu Kerja dan Keluarga untuk Ibu Baru

 

Beberapa usaha rumahan ibu rumah tangga ini sudah menjadi bukti jelas jika bekerja tidak harus selalu meninggalkan rumah atau pergi setiap hari menuju kantor. Masih ada usaha rumahan ibu rumah tangga yang bisa Anda jalankan untuk menghasilkan banyak uang jika dikerjakan dengan tekun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.