- Anak

5 Makanan Penambah Nafsu Makan Anak Paling Efektif dan Aman

Nafsu makan anak menurun adalah hal wajar. Namun upayakan untuk memberikan penambah nafsu makan anak. Hal ini juga tidak boleh dianggap remeh sebab akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang buah hati Anda.

Saat hal ini terjadi maka segera lakukan beberapa cara untuk mengembalikan nafsu makan anak sehingga proses tumbuh kembang mereka tidak terganggu karena hal tersebut. Cara yang bisa Anda lakukan adalah memberikan makanan penambah nafsu makan alami yang aman dengan rasa nikmat di lidah anak Anda dan juga beberapa perubahan kecil seperti yang akan kami berikan pada kesempatan kali ini.

 

1. Sirup Penambah Nafsu Makan Alami

 

 

Membuat sirup penambah nafsu makan alami ini sangat mudah dilakukan dan sangat ampuh untuk mengembalikan nafsu makan anak secara signifikan. Aroma menyegarkan, ringan, sekaligus nikmat akan membangkitkan nafsu makan anak dengan sangat baik dan aman untuk perut anak Anda.

  • Siapkan sari jeruk lemon, air mineral, permen gula, dan sedikit cuka putih atau cuka makan.
  • Tuang air ke dalam panci lalu masukkan permen gula ke dalamnya dan panaskan dengan api kecil sampai permen larut.
  • Biarkan sampai dingin dan tambahkan dengan sari jeruk lemon serta cuka putih lalu aduk sampai rata.
  • Simpan sirup ini pada botol atau wadah kedap udara dan berikan 2 sendok makan sirup ini kepada anak Anda sebanyak 2 kali sehari.

 

2. Jus Delima

 

 

Buah delima mengandung kadar antioksidan tinggi serta vitamin yang tidak hanya menjadi bermanfaat untuk peremajaan kulit yang hebat, tetapi juga sebagai penambah nafsu makan alami yang baik untuk anak-anak.

  • Untuk membuat jus delima ini, siapkan jus murni dari buah delima dan sedikit madu.
  • Tambahkan madu secukupnya dalam jus delima dan aduk sampai rata.
  • Anda bisa menyimpan jus ini dalam suhu kamar atau dalam lemari pendingin agar lebih nikmat.
  • Berikan jus ini kepada anak Anda secara teratur untuk mengembalikan nafsu makan anak yang hilang.

Baca juga: 5 Resep Bekal Anak Sekolah Dasar Paling Praktis dan Sehat

 

3. Jus Lemon

 

 

Lemon juga terbukti ampuh bisa meningkatkan nafsu makan anak dengan cara membunuh kuman dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga sistem pencernaan anak bisa lancar dan nafsu makan akan kembali seperti sediakala.

  • Peras sari dari 1 buah lemon lalu tambahkan dengan madu sebagai pemanis dan masukkan ke dalam segelas air hangat atau dingin.
  • Berikan air lemon ini kepada anak sebanyak 1 sampai 2 kali sehari untuk menambah nafsu makan mereka.

 

3. Konsumsi Jeruk

 

 

Buah jeruk menjadi sumber vitamin C dan D yang sangat tinggi. Saat berada di dalam tubuh, vitamin C akan berfungsi sebagai penambah nafsu makan alami sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati Anda.

Salah satu buah yang tinggi akan semua nutrisi penting ini adalah jeruk sehingga bisa diberikan secara rutin kepada anak dalam bentuk smoothie, jus, atau asupan nikmat lainnya.

 

4. Gunakan Piring Warna Terang

 

 

Sebuah penelitian membuktikan nafsu makan anak akan meningkat jika piring makan yang mereka gunakan berwarna lebih cerah. Beberapa warna yang baik untuk merangsang nafsu makan anak adalah warna merah, kuning dan oranye.

Beberapa warna cerah ini akan membuat perasaan anak lebih bahagia sehingga nafsu makan mereka juga bertambah saat menggunakan piring warna cerah tersebut untuk makan.

Baca juga: 5 Resep Makanan untuk Anak Sakit Batuk Pilek Paling Mudah

 

5. Ubah Tampilan Makanan Lebih Menarik

 

 

Sajian makan anak yang ditata dengan rapi serta terdiri dari aneka warna serta bentuk juga menjadi cara efektif dalam menambah nafsu makan anak. Kombinasikan beberapa jenis sayur yang berbeda dan juga kreasikan bentuknya semenarik mungkin seperti karakter tertentu yang lucu.

Beberapa cara sederhana ini terbukti ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak tanpa perlu minum obat penambah nafsu makan yang memiliki bahan kimia dalam pembuatannya. Makanan-makanan di atas sudah memiliki keampuhan setara dengan vitamin nafsu makan anak yang paling bagus. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.