- Anak

4 Inspirasi Mainan Anak Usia 1 Tahun yang Mendidik

Salah satu cara untuk memperkenalkan alam di sekitar kepada balita adalah dengan bermain mainan anak usia 1 tahun yang mendidik. Lewat bermain, mereka bisa berlatih beberapa hal seperti merasakan, meraba, dan mengenali pola tertentu yang ada melalui mainan tersebut. Sebagai sarana bermain, dibutuhkan mainan yang juga sesuai dengan tumbuh kembang bayi sebab tidak semua mainan cocok untuk segala usia.

Balita juga umumnya tidak menyukai mainan yang terlalu banyak memakan waktu serta terlalu sulit untuk dimainkan. Untuk Anda yang memiliki balita, berikut ini kami punya beberapa contoh inspirasi mainan yang sangat cocok dimainkan untuk balita dan bisa Anda terapkan untuk buah hati Anda di rumah.

 

1. Tebak Benda

 

 

Untuk bermain tebak benda, Anda butuh mempersiapkan sebuah kantong yang tidak transparan dan juga beberapa benda atau makanan yang biasa dipakai balita sehari-hari, contohnya aneka buah, sisir, mobil-mobilan, buku, pensil, sendok, boneka kecil, dan sebagainya.

Cara bermainnya cukup mudah, yakni dengan memasukkan beberapa benda atau makanan ke dalam kantong dan meminta anak Anda untuk memilih barang dari dalam kantong dengan memasukkan tangan mereka ke dalam kantong dan menebak benda tersebut.

Izinkan balita Anda untuk memegang, meraba, dan mencium barang atau makanan tersebut sebelum mereka menebaknya. Jika tebakan benar, mereka bisa memiliki benda atau barang tersebut. Kegiatan ini sangat baik untuk merangsang motorik halus mereka dengan kegiatan meraba serta melatih indera penciuman.

 

2. Lempar Tangkap Bola

 

 

Untuk permainan ini, Anda bisa menggunakan bola pantai berukuran kecil yang sesuai dengan usia balita. Cara bermain lempar tangkap bola ini juga sangat mudah yakni dengan melempar bola tersebut kepada anak Anda dan minta mereka untuk menangkap bola tersebut dan mengembalikan kepada Anda.

Cara lainnya adalah menendang bola tersebut kepada anak Anda dengan perlahan dan minta mereka untuk membalas menendang bola ke arah anda. Kegiatan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh balita dan membuatnya aktif bergerak, berkonsentrasi, dan juga melatih penglihatan mereka.

Baca juga: Biar Anak Tak Main Gadget, Yuk Ajak Main Busy Board!

 

3. Puzzle

 

 

Puzzle merupakan salah satu permainan klasik yang sangat cocok dimainkan untuk balita sekaligus mengajari anak untuk memecahkan masalah. Dengan mencoba berbagai cara untuk memasang potongan puzzle tersebut, anak akan terlatih untuk berpikir semakin kreatif.

Selain itu, puzzle juga berguna untuk mengasah ketekunan anak dalam menyelesaikan suatu masalah sampai selesai. Puzzle merupakan permainan yang sangat baik untuk keterampilan motorik halus anak dan menjadi salah satu mainan terbaik untuk usia balita.

 

4. Plastisin

 

 

Usia balita merupakan tahap di mana anak senang bermain dan juga bereksplorasi menggunakan plastisin. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari plastisin, seperti mengembangkan keterampilan motorik, membentuk, dan juga berbagai manfaat lainnya.

Baca juga: 7 Cara Merangsang Contoh Kreativitas Anak Usia Dini

 

Selain itu, jenis mainan anak usia 1 2 tahun seperti plastisin juga aman bagi balita dengan catatan tetap harus diawasi agar tidak dimasukkan ke dalam mulut oleh buah hati Anda.

Plastisin bisa Anda buat sendiri di rumah dengan bahan tepung terigu, air putih, minyak goreng, garam dan pewarna makanan yang menarik. Campur semua bahan dan panaskan di atas kompor sambil terus diaduk hingga mengental dan bentuk bola lalu siap untuk digunakan bermain.

Beberapa inspirasi mainan ini sangat murah bahkan sebagian di antaranya bisa dibuat sendiri di rumah. Ini merupakan mainan terbaik yang bisa diberikan pada balita yang tidak hanya menyenangkan tetapi sekaligus memberikan beberapa pelajaran penting untuk tumbuh kembang mereka dan mendekatkan interaksi Anda dengan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.